Friday, March 3, 2017

Cara Mengobati Penyakit Chikungunya

Cara Mengobati Penyakit Chikungunya


Cara Mengobati Penyakit Chikungunya. Penyakit chikungunya termasuk jenis penyakit yang baru-baru terjadi di Indonesia namun saat ini sudah tidak asing lagi di dengar oleh masyarakat Indonesia, penyakit ini disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti yang menyerang ke seluruh bagian tubuh kita melalui gigitan mautnya.

Penyakit chikungunya dapat menyerang kepada siapa saja tidak mengenal batas umur, penyakit ini menyerang secara tiba-tiba dan dapat menyebabkan kematian buat mereka yang tidak langsung di obati karena serangan dadakannya yang dapat menyebabkan menjadi lumpuh.

Sekilas Tentang Pengertian Penyakit Chikungunya

Penyakit chikungunya ialah penyakit sejenis demam berdarah yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti ke bagian tubuh yang menyebabkan adanya virus alphavirus yang menyebar ke seluruh bagian tubuh kita. Nama chikungunya berasal dari bahasa makonde yang berarti melengkung ke atas. Dengan kata lain membungkuknya tubuh penderita akibat dari gejala chikungunya.

Penyebab Penyakit Chikungunya

Faktor utama terjadinya penyakit chikungunya yaitu akibat dari gigitan nyamuk aedes aegypti yang menyebabkan adanya virus alphavirus. Penyakit chikungunya awal mulanya bukan terjadi pada manusia, tetapi terjadi pada hewan yang hidupnya di tengah hutan, namun dengan seiringnya waktu berjalan nyamuk ini menyebar ke pemukiman warga hingga saat ini nyamuk yang bernama aedes aegypti ini masih betah hidup di lingkungan pemukiman warga.

Gejala Penyakit Chikungunya

Beberapa gejala penyakit chikungunya ditandai oleh beberapa faktor di bawah ini antara lain :
  1. Secara tiba-tiba tubuh mengalami demam tinggi
  2. Pada bagian persendian mengalami sakit yang linu
  3. Tulang-tulang merasakan sakit
  4. Merasa pegal-pegal di seluruh bagian tubuh
  5. Sakit kepala yang luar biasa
  6. Adanya timbul bercak-bercak kemerahan di bagian tubuh tertentu
  7. Terkadang pula suka mengalami sakit di seluruh bagian tubuh

Bila gejala cikungunya seperti diatas timbul pada diri anda, keluarga tercinta anda, ataupun pada kerabat terdekat anda, segeralah hubungi dokter atau rumah sakit terdekat.

Cara Mengobati Penyakit Chikungunya

Kenali penyakit chikungunya ini dari beberapa gejala yang ditandai dan penyebabnya oleh gigitan nyamuk aedes aegypti. Nyamuk ini senang sekali hinggap di baju yang di gantung ataupun di belakang pintu kamar yang banyak ramatnya.

Untuk penanganan atau cara mengobati penyakit chikungunya, penderita biasanya hanya diberikan obat pereda nyeri atau demam. Hal ini disebabkan obat untuk mengobati chikungunya belumlah ditemukan. Tapi ada banyak cara mengobati penyakit cikungunya secara alami yang dapat digunakan dalam menyembuhkan cikungunya.

1. Istirahat yang cukup

Cara mengobati chikungunya tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan, karena yang dibutuhkan penderita penyakit cikungunya adalah waktu istirahat sebanyak-banyaknya. Untuk mengatasi gejala-gejala cikungunya yang timbul, perawatan di rumah merupakan yang paling baik untuk memulainya. Dengan melakukan istirahat yang cukup, penyakit akan menjadi berkurang sehingga penyakit pun akan lebih mudah diatasi.

2. Menkompres Dingin

Mengkompres dingin juga salah satu solusi terbaik, karena peradangan dan nyeri menjadi berkurang. Cara kompres dingin dapat menggunakan kantong es, yang dibungkus dengan handuk, tempelkan pada area yang sakit atau meradang. Hindari penggunaan kantong es langsung ditempel ke bagian  yang sakit atau nyeri karena berisiko merusak jaringan.

3. Menggunakan Kunyit

Tanaman obat tradisional kunyit selain kerap dimanfaatkan sebagai cara mengatasi jantung lemah, kunyit juga untuk pengobatan alami beberapa penyakit lainnya. Kunyit meruakan bahan alami yang terkenal di India sebagai obat chikungunya. Kandungan kurkumin tinggi, anti inflamasi dan juga antioksidan super kuat yang terdapat dalam kunyit, dipercaya dapat mengatasi penyakit chikungunya.

4. Berolahraga

Penderita chikungunya tak perlu takut dan cemas untuk bergerak aktif untuk melakukan olah raga ringan.

5. Memakai Jintan Hitam

Salah satu manfaat jintan hitam adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Saat virus chikungunya menyerang tubuh Anda, itu tandanya daya tahan tubuh tengah menurun.

Selain itu khasiat jinten hitam juga mampu membantu pencegahan penyebaran virus. Dengan demikian, jintan hitam bisa menjadi alternatif obat alami cikungunya.

6. Minum Air Kelapa

Air kelapa selain untuk mengatasi dehidrasi tubuh, rupanya juga bermanfaat untuk membantu mengatasi chikungunya. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antibiotik di dalam air kelapa. Meskipun belum ada penjelasan secara rinci, air kelapa sebagai obat chikungunya, tetapi bahan ini sudah terbukti dapat mendetoksifikasi hati dan mengatur suhu tubuh.

7. Memanfaatkan Jahe

Jahe merupakan obat batuk alami yang sangat ampuh, tetapi manfaat jahe juga dapat dijadikan obat chikungunya yang efektif. Salah satu alasan menggunakan tanaman jahe sebagai obat penyakit cikungunya adalah karena di dalamnya terdapat kandungan analgesik. Hal itu menjadikan jahe sangat efektif dan terbukti mampu menurunkan risiko peradangan pada penderita penyakit cikungunya.

8. Mengonsumsi Vitamin C

Seperti kita tahu, vitamin C mempunyai kandungan antioksidan tinggi sehingga sangat ampuh dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu vitamin C dapat membantu proses penyembuhan penyakit cikungunya.

9. Tanaman Daun Sambiloto

Cara mengobati penyakit chikungunya lainnya yaitu dengan memanfaatkan daun sambiloto. Caranya cukup yaitu siapkan 10 lembar daun sambiloto, rebus dengan air sebanyak 3 gelas hingga mendidih dan susutkan hingga tinggal segelas saja. Ketika airnya sudah dingin atau hangat, ramuan obat cikungunya ini dapat diminum. Pastikan meminumnya sekali sehari, entah itu pagi atau sore hari sesuai dengan waktu yang Anda pilih.

10. Memanfaatkan Daun Binahong

Daun binahong sudah terpercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah penyakit chikungunya. Cara membuat ramuan obat cikungunya cukup sederhana, rebus 15 lembar daun sambiloto dengan air sebanyak 3 gelas hingga mendidih dan tunggu hingga airnya menyusut bersisa 1 gelas.

Setelah mendidih dan tinggal segelas, angkat dan dinginkan. Tambahkan 1-2 sendok madu bila Anda menginginkannya, minumlah ramuan ini setiap hari untuk mendapatkan kesembuhan secara maksimal.

11. Mengonsumsi Buah Mengkudu

Cara mengobati chikungunya secara alami yang terakhir adalah dengan mengkudu. Kandungan senyawa xeronine yang tinggi dalam buah mengkudu bersifat antioksidan.

Kandungan tokoferol dan scolopetin dalam buah mengkudu juga mampu mengurangi dan menyembuhkan peradangan. Bahkan kandungan senyawa-senyawa ini dapat membantu memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang rusak akibat radang sendi.

Itulah sedikit informasi mengenai cara mengobati penyakit cikungunya, semoga bermanfaat.
Load disqus comments

0 comments