Daun sirsak, obat tradisional diabetes melitus

Daun sirsak, obat tradisional diabetes melitus


Daun sirsak obat tradisional diabetes melitus - Penyakit diabetes melitus atau disebut juga dengan kencing manis merupakan suatu kondisi dimana terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah. Diabetes terjadi akibat adanya gangguan metabolisme pada tubuh. Dalam kondisi normal, tubuh manusia akan mencerna makanan yang masuk dalam tubuh untuk kemudian dijadikan energi, dengan cara memecah karbohidrat dan gula untuk kemudian dijadikan glukosa.

Dengan adanya bantuan insulin, sel-sel diseluruh tubuh kemudian akan menyerap glukosa dan menggunakannya untuk energi. Pada saat tubuh tidak cukup membuat insulin (diabetes tipe 1) atau tidak dapat menggunakan insulin secara efektif / resistensi (diabetes tipe 2), atau bahkan keduanya, itulah yang menjadi cikal bakal terjadinya penyakit diabetes.

Insulin itu sendiri dibentuk dalam prankeas yaitu salah satu organ yang ada dibelakang perut. Prenkeas memiliki kelompok sel beta yang membuat insulin dan kemudian melepaskannya kedalam darah. Apabila sel-sel beta prankeas itu tidak memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau tubuh tidak dapat merespon insulin yang ada, maka akan menyebabkan terjadinya penumpukan glukosa dalam darah. Penumpukan glukosa itulah kemudian memicu terjadinya diabetes, karena glukosa yang ada tidak dapat diserap oleh tubuh untuk dijadikan energi.

Baca : Kenalli Penyakit Diabetes Melitus Type 2

Gejala Penyakit Diabetes

Deteksi dan pengobatan diabetes sedini mungkin dapat menurunkan resiko terjadinya komplikasi diabetes yang berujung pada penyakit mematikan lainnya. Berikut simak beberapa gejala khas penderita diabetes :
  • Mudah merasa lelah akibat dari tubuh tidak dapat memproses glukosa menjadi energi.
  • Sering mengalami kesemutan, nyeri, ataupun mati rasa ditangan / kaki. Kondisi ini lebih sering dirasakan oleh penderita diabetes tipe 2.
  • Sering buang air kecil terutama dimalam hari, Hal ini karena ginjal lebih aktif membersihkan glukosa yang berlebih dalam darah.
  • Sangat sering merasa haus yang disebabkan banyaknya cairan dalam tubuh yang dikeluarkan melalui urin.
  • Turunnya berat badan secara drastis, yang disebabkan glukosa yang ada tidak dapat diproduksi untuk dijadikan energi. Sehingga tubuh akan mulai memecah otot dan cadangan lemak untuk menghasilkan energi.
  • Pada kondisi yang lebih parah, pandangan matanya akan mengalami gangguan / pandangan kabur.

Beberapa gejala diatas mungkin terbilang gejala umum penyakit lainnya, untuk itu sangat disarankan untuk terlebih dahulu memeriksakan diri ke dokter dan melakukan cek darah apakah Anda mengalami diabetes atau tidak, dan segera obati sedini mungkin

Daun sirsak, obat tradisional diabetes melitus

Mungkin saat ini kita sering bingung memilih atau memilah obat apa yang cocok dan aman jika dikonsumsi untuk diabetes. Konsultasi ke dokter memang merupakan jalan terbaik. Namun, ada satu jenis tanaman biasa yang bisa dijadikan obat tradisional diabetes melitus jika dikonsumsi penderita diabetes karena dipercaya dapat membantu menurunkan kadar insulin yang tinggi dalan tubuh. Ya, daun sirsak (nangka belanda).

Beberapa penelitian secara medis menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak dapat meningkatkan fungsi dari sel beta pankreas yang menghasilkan fungsi insulin. Walau memang belum teruji secara klinis daun sirsak sebagai obat tradisional diabetes melitus dan hingga kini uji coba masih terus dilakukan, setidaknya ini sudah menjadi kabar baik bagi penderita diabetes di seluruh dunia.

Dan dari segi kandungan gizi, sirsak memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, diantaranya adalah berbagai senyawa lemak, fruktosa, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, dan Vitamin B, kemudian senyawa golongan tanin, fitosterol, dan alkaloida, serta acetogenin, dan beberapa manfaat lain.

Untuk membuat ramuan obat tradisional diabetes melitus dari daun sirsak cukup mudah. Berikut adalah cara untuk membuat ramuan obat herbal diabetes melitus dari daun sirsak, seperti: Ambil 10 sampai 15 lembar daun sirsak dan 3 atau 7 lembar daun sirih merah, cuci bersih. Rebus daun sirsak dan daun sirih merah dengan 2 gelas air, gunakan api kecil. tunggu sampai mendidih hingga menyisakan 1 cangkir air matang, setelah itu didiamkan selama beberapa saat, kemudian saring air rebusan dan minum obat tradisional untuk diabetes melitus ini sebagai obat herbal diabetes melitus. Minum ramuan obat tradisonal diabetes melitus ini pagi dan sore hari.

Tidak ada komentar

Posting Komentar